Smartphone China Menggerogoti Pasar Merk Besar di Dunia

statusterkini.com – Smartphone China Menggerogoti Pasar Merk Besar di Dunia. Mengamati serbuan gadget di tanah air emang asik, beraktifitas apapun selalu ga bisa lepas dari smartphone di tangan. Sederet pabrikan handphone pun harus memutar otak berinovasi dengan mengeluarkan smartphone yang dengan gampang diterima dan diminati oleh konsumen. Kalau membicarakan soal handphone, memang raksasa asal Korea Samsung masih jadi raja. Samsung duduk nyaman di singgasana dengan meluncurkan beberapa produknya dengan menyasar kelas atas, dan urusan harga pun tidak murah.

Tapi ada hal yang menarik di tengah masa kejayaan Samsung. Yaitu serbuan smartphone asal negara tirai bambu yang mulai menggerogoti pasar brand-brand besar seperti Samsung dan Apple. Kenyataannya di pasar Indonesia jika kita lihat ada beberapa smartphone asal China yang menghiasi toko hp. Seperti OPPO, Xiaomi, Vivo, Huawei, Honor, dan Meizu yang produknya mejeng di berbagai toko hp dan ITC, atau toko hp dekat rumah. Kehadiran handphone china ini pun ternyata menggerogoti market share brand-brand besar seperti Samsung atau Apple loh, masa sih?

Hasil Riset Smartphone China

Lembaga riset pasar Gartner mengeluarkan laporan pasar smartphone dunia untuk kuartal ke dua tahun 2018. Sejauh ini sih emang nama besar Samsung tetap bertengger tempati urutan pertama. Tapi gan, sepertinya raksasa asal Korea ini harus rela karena pangsa pasar Samsung terus melorot dan kini memiliki pangsa pasar di angka 19.3 persen, pastinya ini lebih kecil dengan kuartal ke dua tahun kemarin di angka 22.6 persen. Kalau berdasarkan sistem operasi smarthone, kuartal ke 2 tahun 2018 ini memang dikuasai Android Google yang makin memperluas keunggulannya atas iOS Apple, Android mengamankan pangsa pasar sebesar 88 persen, sementara untuk iOS dengan hanya meraup pangsa pasar 11,9 persen, dan pastinya ini turun ketimbang posisi tahun lalu di angka 12.1 persen.

Smartphone merek China berani invest untuk bisa bikin inovasi yang pada akhirnya penggunanya bisa merasakan, dan kemudian menjual produknya dengan harga yang relatif murah. Sebagai contoh misalnya hp china merk OPPO terus menunjukan gelagat naik di kuartal kedua tahun 2018. Dibanding dengan kuartal kedua tahun sebelumnya pada angka 7.1 persen, kuartal kedua tahun ini OPPO alami peningkatan market share dengan berada di angka 7.6 persen. Untuk unitnya sendiri kuartal kedua tahun lalu pada 26,092.5 unit, sementara tahun ini pada angka 28,511.1 unit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *