Apa Itu Quick Count dan Exit Poll

statusterkini.com – Quick count dan exit poll adalah metode penghitungan untuk mengetahui hasil pemilu secara prediktif dan cepat di hari pemungutan suara. Quick count juga biasa disebut dengan hitung cepat. Quick count dilakukan dengan mengambil sampel dari hasil pemungutan suara di beberapa TPS untuk merepresentasikan pola keseluruhan hasil pemungutan suara.

Quick count

Pada dasarnya, metode yang digunakan dalam quick count serupa dengan yang dilakukan saat survei. Bedanya, dalam quick count yang dihitung adalah hasil pemungutan suara di beberapa TPS. Sementara dalam survei, yang diperhitungkan adalah preferensi dari beberapa orang yang ditanya dalam survei. Hasil dari survei memberikan pola perilaku dari para pemilih pada waktu survei dilakukan, sementara quick count memberikan hasil berupa kemungkinan hasil akhir dari perhitungan suara di TPS.

Exit Poll

Pada metode exit poll, peneliti memilih secara random pemilih yang keluar dari bilik suara, sudah selesai memilih, satu laki-laki dan satu perempuan, yang disodori sejumlah pertanyaan seperti ‘Puas dengan pemilu?’, lalu ditanya lagi ‘Siapa yang tadi dipilih?

Tujuan dan manfaat quick count dan exit poll

Hitung cepat lazim dilakukan oleh lembaga atau individu yang memiliki kepentingan terhadap proses dan hasil pemilu. Tujuan dan manfaat dari hitung cepat bagi pihak-pihak yang berkepentingan pada pemilu ada dua:

  1. Mengetahui hasil penghitungan suara dengan cepat
  2. Memiliki data pembanding yang dapat digunakan untuk mendeteksi adanya kemungkinan kecurangan yang terjadi pada proses tabulasi suara.

Dengan hitung cepat, hasil pemilu dapat diketahui dengan cepat pada hari yang sama ketika pemilu diadakan. (Sumber 1 & Sumber 2)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *