Nenek Moyang Manusia Bukanlah Kera!

Manusia Tercipta Bukan dari Kera

statusterkini.com – Mungkin dalam hati kalian pernah terbesit pertanyaan : Masa Sih Manusia Tercipta dari Turunan Kera?

Penjelasan Dari Segi Ilmu Islam

Sebelum Nabi Adam Alaihi Salam turun ke bumi diceritakan bahwa yang menempati bumi ini adalah bangsa jin yang dikelompokan menjadi abal jan (anak turunan Jin) dan banul jan (anak turunan Dedemit). Dari 2 kelompok tersebut bertempur terus tidak pernah bersahabat, kemudian malaikat menanyakan kepada Allah apa akan membuat orang untuk menjadikan kholifah dibumi yang selalu terjadi pertumpahan darah, akhirnya Allah memerintah yang bernama Azajil yang memimpin para malaikat (jibril mikail izroil dan malaikat yang lainnya), untuk menaklukan abal jan dan banul jan dibumi ini.

Kemudian setelah ditaklukan akhirnya Allah menciptakan nabi Adam Alaihi Salam. Diantara Azajil, Malaikat, dan Adam diberikan ilmu oleh Allah karena tujuannya untuk menjadikan kholifah dibumi, setelah diuji ternyata yang lulus dari ujian tersebut adalah nabi Adam akhirnya semuanya diperintah Allah untuk sujud penghormatan kepada Adam, akhirnya semuanya sujud kecuali Azajil (Iblis) mereka sombong dan membangkang.

Manusia tidak diciptakan dibumi, melainkan dijadikan khalifah di bumi. Sebagai pengganti tentunya ada yang di ganti, alias Adam bukan makhluk pertama dibumi. Allah tidak mengatakan mereka pengganti manusia di bumi sebelumnya, tapi pengganti makhluk di bumi. Yaitu abal jan dan banul jan, mereka itu adalah penghuni bumi sebelum manusia. Bentuk basyariahnya mirip seperti manusia. Dan ketika bumi rusak oleh mereka, mereka diusir bahkan dibasmi oleh malaikat, hingga mereka berlari terbirit-birit dan mencari tempat yang jauh dari anak Adam.

Baca Juga : https://statusterkini.com/kisah-adam-dan-hawa/

Penjelasan Dari Segi Ilmu Arkeologi

Berdasarkan fosil-fosil yang ditemukan, memang ada makhluk lain sebelum manusia. Mereka seperti manusia, tetapi mempunyai karakteristik yang lebih primitif. Otak mereka lebih kecil. Oleh karena itu, kemampuan mereka berbicara sangat terbatas karena tidak banyak suara vowel yang mampu mereka bunyikan. Kelompok ini dinamakan Neanderthal.

Kemudian datanglah manusia Adam yang diklasifikasikan sebagai Homo Sapiens. Menurut Wikipedia, Homosapiens mulai ada sekitar 200 ribu tahun lalu. Sedangkan Neonderthal ada sehingga 130 ribu tahun dulu, kemudian ia lenyap. Ada juga teori yang mengatakan Neonderthal lenyap sebelum Homosapiens muncul. Tapi yang pasti, Homosapiens bukanlah evolusi dari Neanderthal. Neanderthal hanyalah makhluk yang mirip dengan manusia yang telah ada sebelum manusia Homosapiens ada.

Mungkin tidak ada fakta konkrit dalam membicarakan isu ini. Kebanyakan teori berdasarkan sumber fosil. Namun yang paling penting mungkin sebagai bagi yang Muslim kita percaya ada makhluk sebelum Adam yang saling membunuh. Ada yang mengatakan mereka adalah dari kaum jin. Ada juga yang mengatakan bahwa ada 3 umat yang utama sebelum Adam. Dua diantaranya dari kaum jin, sedangkan kaum yang ketiga adalah dari golongan yang berbeda dari Jin, karena mereka ini berdarah dan berdaging. Golongan ketiga ini adalah mereka yang dimaksudkan sebagai “man yufsidu feehaa wa yasfiku al-dimaa’: golongan yang membuat kerusakan dan menumpahkan darah” seperti yang diulas oleh Malaikat di dalam ayat al-Quran 2: 30. Ini pendapat yang dilontarkan oleh Al-Maqdisi. (Sumber : Kabar Muslim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *