Cara untuk Menjadi Youtubers Sukses

statusterkini.com – Cara untuk Menjadi Youtubers Sukses. Tak sekadar hobi, YouTubers kini bisa dikategorikan sebagai profesi yang menguntungkan. Menghasilkan konten kreatif yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang menjadikan Youtubers makin diminati, terutama kalangan muda. Para creators saling bersaing ketat di jagad bisnis kreatif demi konten unik.

Ada banyak faktor mempengaruhi keberhasilan seorang creative content videografer dan YouTubers. Hal ini pula yang membuat Dennis Adhiswara mantap terjun ke dunia multi channel network berbasis video online. Dia mendirikan Layaria pada 2012. Ia menyadari kalau pemuda Indonesia menyimpan potensi besar yang bisa dikembangkan. Menurut Dennis, mereka mempunyai passion menciptakan karya audio visual yang unik, tapi tidak punya wadah. Layaria merupakan startup yang membawahi ratusan creators di berbagai kota di Indonesia. Perannya memberikan bimbingan terkait teknis pembuatan video kreatif.

Dennis membagikan beberapa tips untuk para YouTubers muda, yang ingin mencoba peruntungan di industri kreatif ini. Harapannya karya mereka tidak bersifat musiman alias bisa long lasting.

Berikut tips agar menjadi youtubers sukses :

1. Bikin daftar topik yang kamu suka

Sebelum mencari tahu selera pasar, pastikan kamu suka dengan sesuatu yang sedang kamu jalani. Ketika kamu senang dengan topik yang diangkat, ide segar dan tak terduga bakal lebih mudah datang. Usahakan topik yang diangkat dekat dengan kehidupan sehari-hari dan punya impact positif.

2. Kenali audiensmu!

Langkah selanjutnya adalah menentukan target audiens atau viewers. Siapa kira-kira yang berpotensi menonton kontenmu, apa gendernya, range umur, status pendidikan, hingga pekerjaannya.
Hal ini akan memudahkan kamu menentukan tema apa yang ingin diangkat dalam bentuk audiovisual. Karena kamu sudah punya patokan bagaimana selera konten yang sesuai dengan background penonton.

Baca Juga : Cara mudah root android

3. Lakukan observasi, tiru, dan modifikasi

Dennis mengutip pernyataan seniman Pablo Picaso yang ia anggap menginspirasi, “Good artist copy, great artist steal”. Kutipan ini juga pernah diucapkan Steve Jobs saat masih memimpin perusahaan raksasa Apple Inc. Seorang creator yang baik, pasti bisa meniru konsep atau karya orang lain secara persis. Namun, creator yang hebat adalah yang bisa “mencuri” ide tersebut, menyamarkannya sedemikian rupa dengan ciri khasnya, lalu membuat sesuatu yang baru dan lebih baik.

4. Bikin konten yang bermakna

Ada banyak alasan kenapa orang gemar menonton tayangan di YouTube. Bisa jadi karena mengidolakan talent tertentu, kualitas visual yang mendukung, hingga isi kontennya. Beri konten yang “penting” dan bermakna bagi penonton, sehingga mereka rela mengeluarkan waktunya untuk menonton videomu. Bahkan, cara penyampaian iklan produk sekarang telah berubah. Mereka menggunakan video yang punya makna untuk menarik perhatian dan mudah diingat.

5. Konsisten

Strategi yang sudah dibuat bisa sia-sia kalau konten tidak dipublikasikan secara konsisten. Merilis video secara teratur bisa membantu karyamu disadari banyak orang. Kalau pun konten yang dibuat kurang menarik minat mereka, bisa jadi penonton tetap membuka videomu akibat penasaran kenapa channel kamu muncul terus. Meski nantinya kamu sudah punya penonton setia, mereka bisa lupa dan beralih ke channel lain, kalau jadwal uploadmu random bahkan jarang. Dennis bercerita sebanyak 75 persen mobile data traffict diprediksi berupa konten video. Bahkan, sebanyak 7 triliun video akan diunggah pada 2020. Artinya, satu orang akan mengupload sekitar 2-3 video tiap harinya. Untuk itu, generasi muda sudah harus menyiapkan strategi matang agar tak dilibas zaman beserta perubahannya yang cepat dan dinamis.

Jadi gimana, masih berkomitmen untuk menjadi konten kreator?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *